Get Adobe Flash player

Kunjungan Tim Asistensi dan Evaluasi

Sabang (28/09), untuk ketiga kalinya KPPBC Tipe A3 Sabang dalam persiapannya menuju kantor modern 2012 mendapat kunjungan dari Tim Asistensi dan Evaluasi Persiapan Kantor Madya 2012 Kanwil DJBC Aceh. Kalau sebelumnya tim yang berkunjung dipimpin oleh ASEP RIDWAN RUSWANDI, S.H., M.H. kemudian NAZARUDDIN, S.Sos., M.M., kemarin dipimpin oleh SARWO EDHY TEGUH WIDODO, S.E.

 

Bertempat di Aula KPPBC Tipe A3 Sabang, Tim mendapat penjelasan singkat dari Kepala KPPBC Tipe A3 Sabang tentang langkah-langkah kegiatan yang telah dilaksanakan dan sedang dalam pelaksanaan dalam rangka mempersiapkan diri menjadi Kantor Madya 2012 sesuai surat Sekretraris DJBC Nomor S-41/BC.1/2012. Dijelaskan dengan frekwensi kegiatan pelayanan yang sangat minim (rata2 empat manifes tiap bulan) maka persiapan secara fisik sudah sangat memadai dimana kegiatan redesign kantor telah selesai 100% dan tinggal menambah detail-detail fisik kantor. Bahwa kegiatan redesign kantor yang dilaksanakan dengan berprinsip Anggaran berbasis Kinerja sehingga yang dilakukan redesign hanya poin-poin yang dianggap cukup memenuhi sebagai standar pelayanan kantor modern, demikian kata Kepala Kantor.

Selain dari penjelasan kemajuan pelaksanaan persiapan juga disampaikan kendala-kendala dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari diantaranya adalah kekurangan SDM dan pejabat PPK yang saat ini dijabat oleh Kepala KPPBC Tipe A3 Banda Aceh sehingga kegiatan penyerapan belanja DIPA kurang maksimal, diusulkan untuk menambah SDM sesuai kebutuhan dan bisa menunjuk Kepala KPPBC Tipe A3 Sabang sebagai KPA merangkap PPK karena telah dimungkankan berdasarkan Perpres 70 Tahun 2012.

 

Pada kesempatan itu Sarwo Edi selaku ketua tim menyampaikan pengarahan bahwa maksud kedatangan tim selain sebagai bentuk perhatian dan dukungan pimpinan dalam hal ini Kepala Kanwil DJBC Aceh kepada KPPBC juga untuk mengetahui seberapa jauh dan besar kesiapan KPPBC menuju kantor modern 2012. Beberapa point penting yang disampaikan adalah :

  1. Bahwa pimpinan sangat concern dengan persiapan menuju madya 2012 karena sudah merupakan amanat yg harus dilaksanakan oleh DJBC.
  2. Bahwa pimpinan sangat respek dan mendukung serta memperhatikan kantor-kantor yang jauh dari ibukota.
  3. Bahwa kantor yang tidak mempunyai kegiatan dan jenis pelayanan yang banyak bukan berarti tidak layak dimadyakan, namun dititik beratkan pada perubahan pola budaya kerja yang dapat meningkatkan kinerja dan citra DJBC secara umum.
  4. Selain kesiapan fisik gedung kantor KPPBC juga harus memperhatikan kesiapan lainnya misalnya SOP dan  peningkatan kemampuan pegawai.
  5. Agar KPPBC tetap bersemangat dalam melaksanakan tugasnya dan menjaga kekompakan, kewibawaan dan martabat sebagai pegawai DJBC dengan tidak melakukan hal-hal tercela.
  6. Terhadap kendala-kendala yang disampaikan akan diperhatikan dan dilakukan pembahasan serta kajian dengan pimpinan di Kanwil DJBC Aceh dan diminta KPPBC aktif melakukan koordinasi dengan pimpinan.

 

Setelah melakukan foto bersama dan peninjauan kondisi kantor dilanjutkan sholat Jum’at di Masjid Raya kota Sabang kemudian makan bersama sebelum akhirnya tim dari Kanwil DJBC Aceh kembali dengan menggunakan kapal cepat dari Sabang menuju banda Aceh tepat pukul 16.00.  KPPBC Tipe A3 Sabang mengucapkan terima kasih atas kunjungan, perhatian, dukungan dan dorongan dari Pimpinan. (MM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*