Get Adobe Flash player

BERSAHABAT DENGAN STRESS

STRESS  kata yang sering kita dengar bahkan mungkin sering kita ucapkan. Stress adalah kondisi kejiwaan yang paling ngetop di sekitar kita. Mari kita ingat-ingat kembali seberapa banyak atau sering kita dengar orang-orang di sekitar kita mengatakan sedang stress atau malah kita sendiri sedang mengalami stress. Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika tidak dapat diatasi atau kendalikan ia akan berakibat sangat tidak baik bagi kesehatan.

Setiap orang mempunyai kecendrungan untuk mengalami stress dengan cara yang berbeda. Bagi pekerja kantoran atau karyawan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat stress diantaranya adalah :

  • Tekanan pekerjaan yang cukup berat; karena tuntutan pimpinan atau lainnya.
  • Tanggungan deadline yang mengikat, karena kurang baiknya perencanaan dan sebagainya.
  • Jauh dari keluarga (bagi yang dinas di luar kota atau bahkan luar pulau) dan omelan istri (bagi yang kerjanya satu kota dengan keluarga)
  • Keluh dan kesah yang tiap hari diemban.
  • Perasaan bahwa usaha yang sudah dilakukan untuk menyenangkan berbagai pihak berakhir dengan sia-sia.
  • Kondisi lingkungan kerja yang kurang nyaman.

picture

Stres yang diderita oleh kebanyakan pekerja sering disangka berasal dari luar dirinya sendiri, padahal stres itu hanyalah beban pikiran yang terlalu berat dan tidak sempat untuk dilepaskan. Stres yang berkepanjangan bisa mengubah orang menjadi satu sosok yang sangat negatif, dan seperti yang diketahui bersama bahwa untuk bisa sukses dan berhasil dibutuhkan suatu sikap mental yang positif. Orang yang sudah stres biasanya akan mudah marah, tidak sabar, selalu mengeluh, dan menganggap semua hal adalah ancaman bagi dirinya.

Ada beberapa cara sederhana untuk mengurangi stress di tempat kerja yaitu :

  1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
  2. Mengingat-ingat kembali cara memecahkan permasalahan yang pernah anda laksanakan sebelumnya untuk memecahkan masalah yang sama yang sedang anda hadapi saat ini.
  3. Aktif berperan serta membangun menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
  4. Memas mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
  5. Melakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.
  6. Memiliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.
  7. Mendelegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
  8. Mempertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
  9. Menciptakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

IMG05225-20130903-1131

Selain cara di atas ada juga cara-cara sederhana lainnya untuk mengurangi stress dalam kehidupan sehari – hari, tidak perlu biaya yang mahal dan tenaga yang banyak untuk bisa melepaskan stres dalam diri Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Beribadah. Tuhan tidak pernah memberikan cobaan melebihi batas kemampuan umat-Nya. Dekatkan diri Anda pada Tuhan dan berdo’a, karena Tuhan adalah tempat mengadu yang paling baik. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan, maka Anda akan merasa lebih tenang dan tingkat stress Anda bisa berkurang secara bertahap.
  2. Makan coklat. Ya, cara paling simpel dan ampuh untuk mengusir stres adalah dengan mengkonsumsi coklat, karena coklat memiliki kandungan teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang memiliki efek fisiologis terhadap tubuh. Menurut para ilmuan, kandungan zat tersebut banyak dihibungkan dengan kadar serotin dalam otak, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah Anda dan bisa membuat Anda merasa lebih rileks.
  3. Curahkan isi hati. Segala sesuatu yang mengendap di dalam tubuh memang biasanya memiliki efek negatif. Sebaiknya curahkanlah segala keluh kesah Anda kepada orang yang nyaman menurut Anda, misalnya istri, kekasih, sahabat, atau keluarga Anda. Dengan Anda mencurahkan isi hati dan keluh kesah Anda, maka Anda akan merasa lega karena setidaknya Anda menemukan seseorang untuk berbagi dengan Anda.
  4. Serius tapi santai. Luangkanlah sejenak waktu di kantor untuk bercanda atau melontarkan lelucon agar Anda tidak terlalu stres dan bisa memberi suasana yang ceria di kantor Anda. Namun sebaiknya ketika dibutuhkan keseriusan, maka Anda juga harus serius tapi tetap santai.
  5. Dengarkan musik. Musik memang satu media yang mempunyai banyak manfaat bagi diri Anda. Dengarkan musik favorit Anda dan senandungkanlah dengan ceria agar tingkat stres dalam diri Anda bisa menurun, namun sebaiknya jangan terlalu keras agar tidak mengganggu rekan kerja Anda.
  6. Meditasi. Salah satu cara paling mudah namun butuh keteguhan hati dalam melakukannya. Meditasi adalah salah satu sarana untuk menenangkan diri dan pikiran Anda dari berbagai tekanan yang ada. Pejamkan mata dan tariklah nafas yang dalam, tata kembali pikiran Anda, tentukan kembali tujuan Anda, dan lakukan meditasi ini selama 15 menit tiap hari selama seminggu dan Anda akan merasa lebih baik.
  7. Berlibur. Cara yang satu ini memang membutuhkan waktu luang yang sangat banyak dan akomodasi yang cukup. Pilih tempat yang tenang, sejuk, dan banyak pepohonan segar yang siap untuk Anda pandangi. Alternatif lain, Anda bisa pergi ke pantai yang cukup sepi, dan teriaklah sekencang-kencangnya. Apabila Anda bingung mencari tempat wisata maka Anda bisa mencari ide akan berlibur kemana di website koranwisata.com. Buanglah segala penat dalam diri Anda dan kalau perlu hingga Anda mengeluarkan air mata.

images

Itulah beberapa cara mengurangi rasa stress, jika anda mempunyai cara yang lain yang lebih baik efektif dan murah silakan berbagi dengan sesama stress-men dan stress-wati.

( MM – dirangkum dari berbagai artikel )

2 Responses to BERSAHABAT DENGAN STRESS

  • wilman ambarita says:

    artikel yang sangat bermanfaaat bagi kita yang sangat jauh dari keluarga…..semoga kalau pulang ke rumah masing-masing tidak diomelin oleh istri sehingga tidak semakin stress……hidup sabang

  • admin says:

    nice pic, ndan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*