Get Adobe Flash player

BPKS membidik Target

SABANG, bertempat di Hotel Sabang Hill pada hari rabu dan kamis tanggal 28 dan 29 Agustus 2013 Badan Pengusaha Kawasan Sabang (BPKS) selaku pihak yang mempunyai tugas mengembangkan Sabang sebagai Kawasan Pelabuhan dan Perdagangan Bebas mengadakan seminar dengan tajuk “”Business Forum Optimization; Capturing The Right Target Market For Sabang Free Port (Membidik Target Pasar yang Tepat Bagi Pelabuhan Bebas Sabang)”

Tujuan utama diadakannya acara tersebut adalah untuk mengetahui dan membidik dengan tepat siapa sebenarnya target pasar yang tepat bagi pelabuhan Sabang. Menurut Kepala BKPS, Fauzi Husin, dalam sambutannya mengatakan bahwa lalu lintas kapal yang melintas selat malaka cukup padat ada sekitar 150 kapal setiap hari,  “Ramainya lalu-lintas kapal ini merupakan peluang besar memajukan Sabang. Namun kita akan memfokuskan pelabuhan untuk dimasuki kapal barang (kargo) saja,” demikian kata Fauzi Husin dan  “Apapun jenis pelabuhannya, kemana arah pengembangan pelabuhan yang akan ditentukan, tetap saja pertanyaan yang terpenting adalah siapa sebenarnya target market dari Pelabuhan Sabang ini. Karena itulah forum bisnis ini kami gelar” demikian tambahnya.IMG05210-20130828-1236

Acara tersebut dihadiri oleh 67 peserta dari kalangan instansi pemerintah, importir dan praktisi pelabuhan baik lokal, nasional dan internasional diantaranya Kepala KPPBC TMP C Sabang, Mochamad Mudzakkir, yang didampingi Kepala Seksi KI dan Penyuluhan, Wilman Ambarita, menghadirkan narasumber tiga pakar pelabuhan dari Singapura, di antaranya MMJ Subramaniam, Chak Siew Cheun dan Azahari Mohamad Yusuf dari Overseas Port managements (OPM) Pte Ltd, Singapore, GM. PT. Pelindo I Malahayati, I Wayan Wirawan, SE, MSP dan dari STIP Jakarta, Capt. Arso Martopo.

Dalam paparannya, pihak OPM mengatakan bahwa pelabuhan Singapore cepat berkembang karena didukung oleh beberapa faktor diantaranya : Lokasinya yang strategis di lintas perdagangan dunia; adanya kemauan pemerintah; produktifitas yang tinggi; budaya kerja yang baik; dan lingkungan yang mendukung. Setelah sebelumnya melihat kondisi pelabuhan dan keadaan alam di Kawasan Sabang mereka memberi masukan bahwa untuk dapat mengembangkan pelabuhan Sabang diperlukan beberapa faktor yaitu : adanya Political Will; peningkatan kedisiplinan SDM dan adanya hubungan baik dengan kalangan industri; perlunya peningkatan kemampuan SDM dengan pelatihan secara terus menerus; Fokus pada produktifitas (apakah pada Industri, Perdagangan, Perikanan atau Pariwisata); membangun infrastruktur yang diperlukan. Pada akhirnya pihak OPM menyarankan agar lebih fokus pada bidang pariwisata.

IMG05208-20130828-1107

Sementara dari PT. Pelindo I Malahayati, memaparkan bagaimana tata kelola dan mengembangkan pelabuhan secara efektif dan effisien. Sedangkan dari STIP Jakarta lebih banyak menekankan pemanfaatan dan pengoperasionalan kepelabuhan ditinjau dari segi hukum yang ada.

Setelah selama 2 hari pelaksanaan, pada akhirnya semua pihak yang hadir berharap berbagai masukan dari narasumber dan sumbang saran dari peserta dapat digunakan oleh BPKS untuk bahan pengambil keputusan dalam pengembangan Kawasan Sabang. (MM)

One Response to BPKS membidik Target

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*