Get Adobe Flash player

CUSTOMS INVITES SCHOOLS

“Semoga Bea Cukai lebih dekat dengan masyarakat dan menjaga Sabang dalam ekspor impor”
“Saya lebih mengenal tugas Bea dan Cukai yang sebenarnya…”
“Sangat bermanfaat bagi kami…”

Demikian beberapa kesan dan harapan yang muncul dari para siswa yang menghadiri Kegiatan Customs Invites Schools yang diadakan oleh KPPBC TMP C Sabang pada hari Selasa tanggal 4 Juni 2013 yang lalu.
Kegiatan yang bertemakan Mengenal Lebih Dekat Bea dan Cukai Sabang ini merupakan bagian dari Program Kerja 2013 KPPBC TMP C Sabang dengan tujuan agar masyarakat terutama para pelajar dan guru bisa lebih mengenal kegiatan Bea dan Cukai Sabang pada khususnya dan DJBC pada umumnya.

Sedikit berbeda dengan kegiatan sosialisasi serupa yang biasa dilakukan oleh KPPBC lain yaitu melalui kegiatan Customs Goes to Campus atau pun Customs Cares Customer dimana Bea dan Cukai yang mendatangi sekolah-sekolah, KPPBC TMP C Sabang mengundang empat SMU dan SMK yang ada di Sabang untuk hadir di KPPBC TMP C Sabang. Hal ini dilakukan dengan alasan efektifitas kegiatan dan mengingat keterbatasan sarana dan prasarana pendukung di masing-masing sekolah. Hadir dalam kegiatan ini adalah perwakilan siswa dari SMAN 1 Sabang, SMAN 2 Sabang, SMKN 1 Sabang, dan SMA Islam Al-Mujaddid didampingi para guru pendamping.

Dalam pidato pembukaan yang disampaikan oleh Tommy Prasetyo Utomo sebagai Kasi Perbendaharaan, mewakili Kepala Kantor, diharapkan agar kegiatan Customs Invites Schools ini dapat menjadi pendidikan secara dini tentang kepabeanan dan cukai bagi para pelajar yang diharapkan dapat menjadi agen edukasi yang baik bagi masyarakat.

Materi yang disampaikan dalam Customs Invites Schools ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah penyampaian materi tentang Bea dan Cukai yang disampaikan oleh Yossef Ariyansyah selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis. Dalam presentasinya, Yossef menjelaskan secara mendasar peranan bea dan cukai dalam mengawasi kegiatan ekspor impor dan untuk mendukung industri dalam negeri. Lebih lanjut Yossef menjelaskan tentang bagaimana pentingnya peranan Bea dan Cukai dalam melindungi masyarakat dari barang-barang berbahaya seperti narkotika, senjata, dan minuman keras. Juga secara spesifik juga dijelaskan tentang status Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang yang masih sering disalahartikan oleh masyarakat.
4 in 1
Pada bagian kedua, dilakukan penyampaian materi tentang Rekruitmen DJBC yang disampaikan oleh Juan Herbert Girsang selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan. Disampaikan bahwa penerimaan DJBC bisa dilakukan dari jalur pendidikan kedinasan STAN dan juga penerimaan secara umum( Sarjana, D-III, D-1). Dan bertepatan waktunya dengan masa kelulusan siswa kelas III SMTA, materi lebih ditekankan kepada informasi tentang STAN yang kebetulan sekali pada hari yang sama informasi tentang pendaftaran STAN sudah dibuka secara resmi. Disampaikan bahwa pendidikan di STAN tidak dipungut biaya kuliah sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pelajar di kota Sabang untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan berkualitas terutama bagi para pelajar berprestasi namun mengalami kesulitan keuangan.

Acara yang dikemas secara serius tapi santai ini diikuti secara antusias oleh para peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan yang bisa dijawab secara singkat, lugas, dan tegas oleh para pemateri. Demikian juga dalam selingan ice breaking berupa kuis yang dipandu oleh Dharma Wanita KPPBC Sabang, para siswa sangat antusias menjawab masing-masing pertanyaan yang diajukan.

2 in 1

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan pegawai KPPBC TMP C Sabang. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan Customs Invites Schools ini para pelajar dan guru bisa mengenal lebih dekat Bea dan Cukai dan menjadi sahabat serta mitra dalam mengedukasi masyarakat secara lebih luas lagi tentang kepabeanan dan cukai. (Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan) Photos by: Seger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*