Get Adobe Flash player

Internalisasi Pembekalan Madya 2012

Sabang (18/09), Bertempat di Hotel Grand Nangroe Banda Aceh, pada tanggal 3-4 September 2012 diadakan Pembekalan SDM Kantor Madya dan Pratama DJBC 2012 oleh Tim KP DJBC dari Kepegawaian, PUSKI, Tenaga Pengkaji, Trainer Motivator dan dari KPK.  Acara yang dibuka oleh Kepala Kanwil DJBC Aceh tepat pukul 07.30 waktu setempat itu dihadiri oleh para Kabid pada Kanwil DJBC Aceh dan seluruh Kepala KPPBC beserta staff di lingkungan Kanwil DJBC Aceh selain bertujuan untuk mereview kesiapan menuju Kantor Madya dan Pratama DJBC 2012 juga untuk memberi motivasi dan membekali SDM pada KPPBC di lingkungan Kanwil DJBC Aceh agar mempersiapkan diri mengikuti perubahan budaya kerja.

 Materi yang disampaikan pada acara itu antara lain materi internal Bea Cukai yang terdiri dari review kantor modern dan check list kesiapan menuju kantor modern dan nilai-nilai kementerian keuangan. Sedangkan materi eksternal dari KPK yaitu integritas dan pemberantasan korupsi, dari lembaga Motivasi Trusco yaitu motivasi dan budaya kerja, dan terakhir dari LP3M UI menyampaikan tentang Pelayanan Prima dan Komunikasi yang efektif . Selama 2 (dua) hari kerja acara yang diselingi dengan game menarik dari pemateri tersebut diikuti dengan antusias oleh para peserta, nampak dari banyaknya pertanyaan pertanyaan kritis dari para peserta.

 

Menindaklanjuti acara pembekalan SDM dari KP DJBC tersebut, pada hari Selasa 18 September 2012 bertempat di aula KPPBC Tipe A2 Sabang  diadakan kembali P2KP Internalisasi menuju Kantor Modern KPPBC Tipe Madya Pabean C Sabang dengan salah satu materinya adalah penyampaian hasil pembekalan SDM oleh Tim KP DJBC sebelumnya.

 Acara internalisasi tersebut dihadiri oleh para pejabat esselon IV ( kecuali Kepala Seksi P2 dan Perbendaharaan yang sedang tugas belajar) dan para pelaksana KPPBC Tipe A3 Sabang yang keseluruhan berjumlah 10 (sepuluh) orang. Walau dengan jumlah peserta yang tidak banyak tapi acara tetap berlangsung dengan serius. Materi disampaiakan oleh Kepala Kantor dan Kasi DTDD dan pelaksana yang telah mengikuti pembekalan di Banda Aceh.

Internalisasi Menuju Kantor Modern ini diadakan dalam rangka penyegaran kepada seluruh pegawai agar mengingat kembali definisi kantor modern serta apa yang menjadi latar belakang, visi dan misi, arah strategis, tujuan, sasaran  dan perubahan strategis dari pembentukan sebuah kantor modern. Selain itu program internalisasi ini dilaksanakan untuk lebih memotivasi seluruh pegawai agar terus-menerus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam melaksanakan tugas sehari hari  di KPPBC Tipe A3 Sabang.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor menetapkan pejabat/pegawai sebagai Change Agen (agen perubahan) yang bertugas membantu Kepala Kantor mempersiapkan KPPBC Tipe A3 Sabang menjadi Kantor Modern 2012 juga sebagai role model atau panutan yang diharapkan dapat dicontoh oleh pejabat/pegawai lain dalam kinerjanya. Adapun pejabat/pegawai yang ditunjuk adalah Juan Herbert Girsang (Pejabat KSBU), Muliady (Kasi DTDD), Mohammad Akhyar (Pelaksana Pemeriksa), dan Sathya Seger (Bendaharawan Pengeluaran).

Di akhir acara Kepala Kantor menyampaikan “Pesan Sahabat” sebagai berikut “Perubahan organisasi diawali oleh perubahan diri sendiri, dan tidak mudah untuk melakukan perubahan, diperlukan kemampuan, kemauan dan keikhlasan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*