Get Adobe Flash player

KPPBC Tipe A3 Sabang Menuju Kantor Modern

Sejak tahun 2006  Kementerian Keuangan (dulu Departemen Keuangan) sebagai Kementerian yang membawahi DJBC melakukan reformasi birokasi. Reformasi Birokrasi merupakan upaya untuk melakukan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (proses bisnis) dan sumber daya manusia (SDM), yang semuanya itu juga merupakan tuntutan dari masyarakat.

Salah satu bentuk dari agenda Reformasi Birokrasi Kementerian Keuangan adalah dengan lahirnya kantor-kantor modern pada DJBC seperti Kantor Pelayanan Utama dan Kantor Pelayanan Tipe Madya Pabean dan Cukai. Penyederhanaan proses bisnis dengan adanya analisis evaluasi jabatan, standar prosedur operasi dan analisis beban kerja, serta adanya uji kompetensi (assessment) bagi seluruh pegawai DJBC.

Kantor Modern adalah Kantor Pelayanan DJBC yang memberikan pelayanan prima dan pengawasan yang efektif kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai dengan mengimplementasikan cara kerja yang cepat, efisien, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan pengguna jasa, dengan dukungan instansi yang terkait

Bahwa tahun 2012 ini KPPBC Tipe A3 Sabang menjadi salah satu kantor yang ditransformasi menjadi kantor modern di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai KPPBC Madya Pabean Tipe C

Untuk mempersiapakan diri menjadi kantor modern, KPPBC Tipe A3 Sabang telah melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Membentuk Tim Pembentukan Kantor Modern.
  2. Mempersiapkan sarana dan prasarana pengawasan yang efektif dan efisien.
  3. Mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
  4. Menentukan Visi, Misi, Strategi dan Motto KPPBC Tipe A3 Sabang :

VISI  :

“Menjadi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Terbaik dalam Kinerja dan Citra”

MISI :

“Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, industri, perdagangan dan pariwisata dengan pengawasan yang efektif”

STRATEGI :

“Kecepatan- Ketepatan – Profesionalisme “

MOTO :

SABANG KM NOL

SABANG              :  Satu Misi Bangga Mengabdi

KM NOL   :  Kami melayani dengan Netral Obyektif dan Legal

Bahwa sentral dari tujuan reformasi adalah perubahan budaya kerja dan sumber daya manusia sehingga dengan adanya proses menjadi Kantor Modern diharapkan terjadi peningkatan kinerja sumber daya manusia khususnya KPBC Tipe A3 Sabang mampu memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa kepabeanan dan cukai dengan mengimplementasikan cara kerja yang cepat, efisien, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan pengguna jasa

Semoga dengan semangat dan tekad serta kerjasama antar pejabat dan pegawai KPPBC Tipe A3 Sabang dapat mewujudkan diri sebagai kantor modern.

2 Responses to KPPBC Tipe A3 Sabang Menuju Kantor Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*