Get Adobe Flash player

PENYULUHAN KANKER DAN TUMOR

“Mencegah lebih baik daripada Mengobati” Dalam rangka ikut menyambut ulang tahun KPPBC TMP C Sabang yang pertama pada tanggal 12 Desember 2013, Dharma Wanita KPPBC TMP C Sabang bekerja sama dengan Sub Bagian Umum KPPBC Sabang pada hari Selasa tanggal 03 Desember 2013 yang lalu mengadakan kegiatan penyuluhan tentang Kanker dan Tumor.

Bertempat di Aula KPPBC TMP C Sabang, acara yang menghadirkan penyuluh dari Yayasan Penyuluhan Kanker Indonesia Cabang Medan tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai, anggota Dharma Wanita sabang, serta undangan yang mayoritas ibu-ibu masyarakat sekitar KPPBC TMP C Sabang.

picture2

Dalam sambutannya Kepala KPPBC TMP C Sabang, Mochamad Mudzakkir menyampaikan bahwa acara tersebut sangat penting, karena tidak banyak yang tahu tentang kanker dan tumor. Acara tersebut sengaja digabungkan antara ibu2 dengan bapak2 karena kedua belah pihak mempunyai andil sebagai penyebab dan pencegah serta upaya mendeteksi secara dini serangan dan bahaya tentang kanker dan tumor. Intinya “mencegah itu lebih baik daripada mengobati” demikian penutup sambutannya.

Pada sessi paparan, Dr. Susilawati dari Yayasan Penyuluhan Kanker Indonesia Cabang Medan yang didampingi beberapa anggotanya dengan sederhana dan jelas dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam menjelaskan berbagai hal tentang kanker dan tumor. Pengertian kanker dan tumor, faktor2 pemicu terjadinya kanker dan tumor. Bagaimana mengenali dan mendeteksi dini gejala wal kanker pada rahim yaitu Kanker Serviks, kanker endrometrium dan kanker ovarium. Bagaimana mengenal dan mendeteksi dini gejala awal Kanker Payudara. Dan terakhir cara sehat dan hemat menghindari Kanker dan Tumor.

picture

Acara yang dimulai pukul 14.30 waktu Sabang tersebut berlangsung sangat menarik sehingga para peserta tidak merasa merasa paparan hingga pukul 16.30 waktu Sabang. Para peserta khususnya ibu2 sangat antusias menyampaikan pertanyaan2 terkait kanker yang ternyata banyak mengincar ibu2. Di akhir acara para peserta mendapat tips istimewa dan sederhana untuk mencegah kanker sejak dini diantaranya yaitu :
 Hati2 menggunakan toilet umum khususnya yang tipe duduk, karena benih kanker servicks dapat menular pada ritual duduk tersebut.
 Melakukan hubungan seks yang sehat dengan pasangannya yang sudah sah.
 Khusus bapak2 dianjurkan buang air kecil dengan jongkok untuk mencegah kanker prostat.
 Kurangi konsumsi “junk food” alias makanan cepat saji.
 Perbanyak minum air putih. dan
 rajin mengkonsumsi “TEMU PUTIH”.

“Mencegah lebih murah tetapi banyak yang ogah, kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya tetapi banyak yang enggan menjaganya. Waspadalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*