Get Adobe Flash player

Saatnya Berubaah…!!!

Sebagaimana yang telah dilaksanakan sebelumnya setiap hari selasa, maka pada tanggal 27 Nopember 2012 KPPBC Tipe A3 Sabang melaksanakan kegiatan Motivation Day yang pada kesempatan itu materi disampaikan langsung oleh Kepala Kantor.

Kali ini Kepala Kantor menyampaikan materi tentang PERUBAHAN, dibuka dengan kalimat “Mau Tidak Mau , Suka Tidak Suka, Siap Tidak Siap, Kita harus menerima dan mengikuti PERUBAHAN, Jika tak ingin terlindas oleh PERUBAHAN, dan ketinggalan PERUBAHAN” dan “Meng-UBAH sesuatu yang sudah BIASA terasa susah dan tidak bisa dilakukan secara cepat. Tetapi  kebiasaan  bisa kita UBAH  walau perlu waktu”. Selanjutnya dijelaskan hal-hal yang berkaitan dengan perubahan yaitu :

A.    Ada 4 (empat) perilaku dalam menghadapi perubahan yaitu :

  1. BUTA, orang yang berperilaku buta terhadap perubahan biasanya ia tidak tahu sama sekali, apakah itu perubahan, kenapa harus berubah, siapa dan bagaimana harus berubah, dan apa hasil dari perubahan. Orang seperti ini kebanyakan akan susah berkembang dan tidak mempunyai keinginan untuk maju.
  2. PENONTON, orang yang berperilaku sebagai penonton biasanya hanya melihat di saat ada perubahan, menilai dan berkomentar saja tanpa memberikan masukan. Orang seperti ini cenderung apatis dan negatif terhadap perubahan di lingkungannya.
  3. OPORTUNIS, orang yang berperilaku oportunis biasanya melihat dan menunggu proses dan hasil dari perubahan lalu akan menggunakan kesempatan untuk mengambil keuntungan pribadi. Orang seperti ini biasanya cenderung tidak memperhatikan prinsip2 dan konsekwensinya, tidak perduli yang lain berjuang berdebat untuk perubahan dan ia menggunakan segala cara untuk mencapai tujuannya cenderung kurang baik.
  4. PELAKU, orang yang berperilaku atau menempatkan diri sebagai pelaku perubahan biasanya ia mengerti dan tahu apa dan mengapa harus berubah, mengerti dan tahu bagaimana harus berubah, dan mengajak lingkungannya untuk berubah. Perilaku inilah yang sangat diharapkan dimiliki oleh setiap orang yang menginginkan kemajuan dan perbaikan diri, institusi dan negeri.

 

B.    Sikap dalam menghadapi Perubahan.

  • NEGATIF, yaitu sikap yang menentang perubahan bertahan dengan kondisi sebelumnya karena dirinya merasa telah nyaman dengan kondisinya saat ini. Orang yang mempunyai sikap negatif cenderung berpura-pura berubah, kurang dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan pada akhirnya akan mengalami gangguan kepribadian.
  • POSITIF, yaitu sikap yang menerima perubahan atau mengalah dan ikut berubah atau menyelidiki segala sesuatu yang berkaitan dengan perubahan. Orang yang mempunya sikap positif terhadap perubahan akan menganggap prubahan sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri setelah ia tahu betapa pentingnya perubahan.

C.    Strategi menghadapi perubahan.

Untuk dapat mengetahui dan mengikuti serta berperan dalam menghadapi perubahan diperlukan strategi-strategi yaitu :

  • “Self talk”. Tantang pikiran.
  • Akui kekuatiran yang dirasakan, namun kendalikan amarah,Hadapi tantangan, temukan sisi positifnya
  • Ajukan pertanyaan kepada orang yang tepat. Dengarkan penjelasannya
  • Tetap lakukan aktifitas yang bersifat produktif
  • Berusaha terbuka pada gagasan-gagasan baru & beri kesempatan menerima situasi atau lingkungan baru

Di penghujung penyampaian materinya Kepala Kantor menyatakan bahwa untuk berubah diperlukan KEMAUAN, KEMAMPUAN dan KEIKHLASAN. (MM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*