Get Adobe Flash player

Talk Show CIQ bersama RRI Sabang

Pada hari Jumat, tanggal 8 Pebruari 2013 yang lalu, KPPBC TMP C Sabang kembali mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan TalkShow dalam Acara Sambung Rasa RRI Sabang. Acara yang juga disiarkan secara live di radio RRI PRO 3 Jakarta ini mengambil topik “Peran serta dan Pelayanan CIQ-P dalam mengantisipasi kegiatan di Pelabuhan Bebas Sabang”.  Sesuai dengan temanya, acara ini dihadiri narasumber Bapak Zainul, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III dan Bapak Fachrozi Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan dari Kantor Imigrasi Kelas II Sabang. Dari KPPBC TMP C Sabang sendiri diwakili oleh Bapak Juan Herbert Girsang selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat luas terkait peran penting CIQ-P di Pelabuhan bebas Sabang. Masing-masing narasumber menjelaskan peran serta yang terkait dengan kewenangan yang diamanatkan oleh Undang-Undang dalam hal karantina, imigrasi, dan kepabeanan dan cukai. Dijelaskan lebih jauh bahwa CIQ tetap menjaga sinergi dalam pelaksanaan tugasnya karena masing-masing memiliki kewenangan dan perannya tersendiri. Hal ini penting sekali disampaikan kepada masyarakat luas karena seringkali ditemui pihak-pihak yang tidak berkompeten ikut serta dalam pengawasan dalam porsi yang berlebihan. Secara khusus, dari sisi kepabeanan, Juan menjelaskan tentang pentingnya pemahaman masyarakat tentang pelabuhan bebas. Dijelaskan bahwa pelabuhan bebas bukanlah pelabuhan yang bebas dari segala aturan namun tetap harus mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Terutama tentang maraknya penyelundupan gula ke Aceh daratan dalam berbagai bentuk yang seringkali dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengeruk keuntungan pribadi. Lebih lanjut, Juan menjelaskan bahwa peran serta KPPBC TMP Sabang tetap pada porsinya untuk melakukan pengawasan lalu lintas barang sesuai aturan yang berlaku, tidak untuk menghambat perekonomian masyarakat Sabang. Jadi, sangat diharapkan perlunya dukungan dari pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat untuk memberikan dukungan dalam kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh KPPBC TMP C Sabang.

Acara yang berlangsung selama satu jam ini terasa begitu singkat untuk bisa secara lengkap memberikan penjelasan kepada masyarakat luas, namun kesempatan seperti ini sangat bermanfaat sebagai bentuk sosialisasi peranan CIQ dalam pelaksanaan tugasnya di pelabuhan bebas Sabang. Sehingga diharapkan, dalam perkembangannya, masyarakat Sabang akan semakin mengerti aturan-aturan yang berlaku dan diharapkan bisa memberikan dukungan demi kelancaran tugas dan fungsi CIQ. (Sie. KI dan Penyuluhan)

IMG_2662 IMG_2655

Photos by Hadi 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*