Get Adobe Flash player

ULTAH PERDANA BC SABANG

Genap setahun usia KPPBC TMP C Madya (BC) Sabang setelah di  launching pada tanggal 12 Desember 2012, di ulang tahun perdananya ini BC Sabang mengambil tema “Ber-SINERGI mengharmonisasi INTEGRITAS dan mengkudeta labil MOTIVASI” sebuah tema yang unik, gaul tapi nampaknya sangat relevan dikondisikan di BC Sabang.

Satu tahun sejak menjadi kantor modern, BC Sabang merasa dan sadar kurang bergeliat dan berkiprah di masyarakat sekitar sebagaimana kantor2 BC modern lainnya. Hal itu tak lain karena masih sangat minimnya kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan di Sabang yang merupakan Kawasan Pelabuhan dan Perdagangan Bebas (Kawasan Bebas). Jika dibandingkan dengan kawasan bebas lainnya seperti di Batam yang geliat perekonomiannya begitu tinggi karena didukung kegiatan industri dan kegiatan lainnya yang benar-benar dapat menggairahkan kegiatan masyarakat setempat dan pendatang maka kawasan bebas Sabang bisa dikata belum ada 10%nya.

Master Spanduk HUT webeize

Di Sabang belum ada satupun perusahaan industri skala nasional apalagi internasional, pun kapal-kapal cargo yang diharapkan singgah ke Sabang sekedar isi air ataupun melakukan bongkar muat barang juga masih dalam angan padahal kedalaman laut sabang dibangga-banggakan melebihi laut Batam juga laut Singapura. Sementara itu sektor pariwisata yang mengandalkan keindahan bawah laut Sabang, pemandangan pantai Sabang dan peninggalan sejarah di kota Sabang serta kebudayaan dan ke-khas-an lain yang ada di Sabang belum menghasilkan sesuatu yang berarti besar.
Beberapa penyebab kenapa investor belum tertarik melakukan kegiatan di Sabang sebagaimana selalu disampaikan oleh pihak otoritas Sabang adalah antara lain :

  1. Belum tersedianya infrastruktur dasar yaitu daya listrik yang memadai, terbatasnya pasokan air dan terbatasnya lahan untuk industri dan lahan untuk kegiatan aktifitas kepelabuhanan.
  2. Kondisi keamanan yang mungkin masih belum meyakinkan para investor walau kenyataannya keamanan cukup terjamin.
  3. Kepastian hukum, dimana menurut otoritas Sabang ketentuan hukum yang mengatur kegiatan pemasukan dan pengeluaran barang serta ketentuan lain terkait kegiatan Kawasan Bebas Sabang belum jelas.

Keadaan tersebut menyebabkan kegiatan yang ada saat ini di Sabang didominasi oleh pemasukan barang konsumsi dari LN ke Sabang yang terutama adalah gula pasir, yang pada akhirnya gula tersebut dikeluarkan dari Sabang secara ilegal ke Banda Aceh. Pengeluaran gula dari Sabang ek Banda Aceh sangat memungkinkan karena izin yang diberikan pihak otoritas Sabang untuk pemasukan gula ke Sabang dari LN jumlahnya melebihi kebutuhan normal masyarakat dan industri kecil dan warung yang ada di Kawasan Sabang, menurut otoritas Sabang pemasukan gula adalah salah satu peluang yang dapat ditangkap guna membantu mensejahterakan masyarakat kota Sabang karena belum adanya kegiatan di bidang industri. Akibatnya,,selama ini dan selamanya sebelum Kawasan Bebas Sabang ada kegiatan industri yang akhirnya ada kegiatanan impor dan ekspor yang BER-KEPABEANAN maka kegiatan pemasukan gula dari LN ke Sabang dan pengeluarannya ke Banda Aceh dengan mengabaikan ketentuan kepabeanan bahkan petugas BC di pelabuhan akan MELEGENDA.

Berawal dari minimnya kegiatan tersebut dan besarnya potensi untuk dipaksa, memaksa atau terpaksa ikut terlibat pada kegiatan pengeluaran gula yang tidak berKEPABEANan tersebutlah tema Ultah Perdana BC Sabang diangkat. “Ber-SINERGI mengharmonisasi INTEGRITAS dan mengkudeta labil MOTIVASI” begitu temanya mengandung arti :

  •  Ber-SINERGI,,,bermakna bersatu padu bersama sama untuk menghasilkan daya yang lebih tinggi menuju kebaikan.
  •  Mengharmonisasi INTEGRITAS, dimaksudkan agar seluruh jajaran BC Sabang tetep menjunjung tinggi makna dan nilai INTEGRITAS dalam arti yang paling rendah sekalipun yaitu berusaha bekerja melakukan tugas dan kewajiban yang diemban untuk kebaikan BC Sabang khususnya dan DJBC pada umumnya. Integritas sangat dibutuhkan untuk menghindari dan mencegah kondisi dipaksa, memaksa atau terpaksa mengikuti kegiatan yang tidak berKEPABEANan.
  • Mengkudeta labil MOTIVASI, Motivasi bisa diartikan sebagai dorongan atau niat untuk melakukan dan menghasilkan sesuatu. Menghadapi situasi kegiatan di Sabang yang setiap hari harus berbenturan dengan masyarakat yang didukung pemangku kepentingan di Sabang dalam mencegah kegiatan pengeluaran barang asal LN dari Sabang ke Banda Aceh yang tidak berKEPABEANan dan keadaan mayoritas pejabat dan pegawai BC Sabang yang berjauhan dengan keluarga tentu sangat menguras tenaga, fisik dan mental sehingga tidak menutup terjadinya labil motivasi yang pada akhirnya mempengaruhi kinerja. Untuk itulah labil motivasi harus dikudeta…hancuurkan labil motivasi.

jadi secara umum makna tema ultah perdana BC Sabang tahun ini adalah, bersama-sama menjaga integritas dan menjaga motivasi, demi pencapaian citra dan kinerja BC Sabang yang baik.

Tim Impl Madya 2012

Pada ulang tahun perdana ini, BC Sabang mengucapkan terima kasih kepada para pejabat dan pegawai yang terlibat pada persiapan implementasi madya pada tahun 2012 diantaranya Sdr. Juan Girsang, Tommy, Totok Boedhoet, Agustinus, Andrianto dan Seger yang telah pindah ke KPPBC Lain semoga sukses selalu menyertai kalian semuanya.

Bravo BC Sabang, semoga TUHAN selalu melindungi semuanya. Aamiin.

(bersambung di kegiatan dlm rangka ultah perdana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*